PENTINGNYA INTERNAL AUDITOR

Banyak perusahaan yang telah menjalankan Sistem Manajemen ISO lengah untuk melakukan program internal audit dengan menggunakan personel yang tepat. Terlihat bahwa kegiatan internal audit hanyalah program reguler yang dilakukan dengan selang frekuensi tertentu dan tidak memiliki efek yang signifikan terhadap perkembangan dan pertumbuhan dari perusahaan. Apakah hal tersebut benar?

Betapa sayangnya apabila perusahaan sudah melakukan proses investasi terhadap sistem ISO yang berbiaya tinggi, namun ternyata investasi ini menjadi tidak bermanfaat dalam proses implementasi dan aplikasinya. Dalam proses internal audit, salah satu penentu dari status kualitas audit adalah kompetensi dan fungsi dari auditor yang menjalankan program audit itu sendiri.

Berikut adalah peranan penting yang dapat didapatkan dari seorang internal auditor yang kompeten.
(1) Pemecahan masalah
Internal auditor yang tepat dapat melakukan proses pemecahan masalah dari suatu proses. Kegiatan internal audit yang dijalankan secara tepat dapat mengoptimalkan proses pencarian terhadap penyebab utama dari permasalahan yang muncul dalam suatu tahapan proses yang ada.

(2) Pelatihan informal
Internal auditor yang baik akan menjalankan fungsi penjelasan dan pemberian informasi mengenai temuan yang didapatkan serta yang terkait dengan proses implementasi sistem. Begitu juga terhadap mekanisme dari proses pemenuhan klausul yang ada dalam Sistem ISO yang mana sangat dibutuhkan untuk memenuhi standar persyaratan yang ada dalam sistem.

(3) Perbaikan terhadap sistem
Fungsi internal auditor yang tepat adalah melakukan proses perbaikan terhadap sistem yang ada di dalam perusahaan. Pendekatan pada tahapan audit bisa digunakan sebagai bentuk proses perbaikan terhadap sistem yang dijalankan dalam perusahaan, termasuk di dalamnya adalah pemastian bahwa sistem perbaikan tersebut dijalankan sesuai dengan komitmen yang dijalankan dalam perusahaan.

Melihat fungsi pentingnya kegiatan internal auditor ini, ada baiknya perusahaan melakukan perbaikan terhadap program dan sistem pengembangan internal auditor. Lakukan proses ini secara bertahap dan menggunakan referensi eksternal yang tepat untuk proses pengembangan internal. (amarylliap@yahoo.com, 08129369926)

Tinggalkan komentar

Filed under Training ISO

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s