Program Seleksi dan Pengembangan Pemasok

Banyak perusahaan melihat keterlibatan dan hubungan antara perusahaan dan pemasok adalah hanya sekedar bisnis belaka. Dimana pemasok menjadi suatu kontributor dari suatu tahapan proses dan dilihat aspek efisiensi sebagai aspek komersial belaka. Apakah tepat anggapan tersebut?

Dalam proses penerapan ISO 9001, dalam klausul 7.4 mengenai proses pembelian ditetapkan adanya kebutuhan untuk mengembangkan program seleksi dan evaluasi pemasok sebagai suatu tahapan penting dalam proses. Lalu bagaimana proses pembelian itu sendiri diatur dalam penerapan ISO 9001?

(1) Proses Pembelian
Proses pembelian ditetapkan dalam prosedur khusus, yang artinya harus terdapat suatu dokumentasi prosedural yang menjelaskan bagaimana proses pembelian itu dijalankan. Idealnya, setiap proses pembelian harus dilakukan dengan membuat suatu permintaan tertulis terhadap kebutuhan pembelian, yang dituangkan dalam bentuk PR (Purchase Request), oleh user atau departemen yang membutuhkan barang yang dimaksud. Dari Purchase Request tersebut kemudian diproses menjadi PO (Purchase Order) oleh bagian Purchasing, yang kemudian dilakukan proses pembelian. Tahapan proses pembelian ini disebut proses pembelian dengan sistem PO.
Beberapa pemasok tradisional yang tidak berada dalam bentuk PT, maka proses pembelian umumnya tidak dilakukan melalui PO (Purchase Order), biasanya dilakukan dalam bentuk cash. Kegiatan ini juga dimuat di dalam prosedur sebagai proses pembelian tunai.

(2) Proses Seleksi Pemasok
Kegiatan seleksi pemasok, adalah kegiatan pemilihan pemasok baru yang belum pernah digunakan oleh perusahaan. Sistem ISO 9001:2008 tidak mempersyaratkan sistem dan mekanisme yang ditetapkan oleh perusahaan dalam melakukan proses seleksi pemasok. Menjadi sangat positif bagi perusahaan apabila program seleksi yang dikembangkan adalah jenis seleksi yang lebih mengutamakan kualitas dan aspek benefit yang ada dalam perusahaan itu sendiri. Jangan hanya dengan melihat faktor harga saja. Apa yang dimaksud dengan benefit? Ambil contoh pada pemasok mesin proses, meskipun harga yang terlihat tinggi, tidak ada salahnya untuk melihat nilai lebih yang ditawarkan seperti garansi penggunaan dalam selang waktu tertentu, jasa perbaikan gratis ataupun adanya pelatihan untuk operator. Hal-hal ini dapat menambah “nilai” pada produk selain di luar harga yang ditawarkan.
Perusahaan sebaiknya memperhatikan juga adanya sistem manajemen yang dimiliki oleh perusahaan pemasok. Apabila perusahaan pemasok tersebut telah memiliki Sistem Manajemen ISO 9001:2008, maka sebagai perusahaan kita memiliki banyak keuntungan seperti (a) jaminan kualitas yang konsisten (b) komitmen terhadap kepuasan pelanggan (c) penanganan pasokan yang tepat dan konsisten dengan standar operasional yang perusahaan butuhkan.

(3) Proses Evaluasi Pemasok
Program evaluasi pemasok dilakukan untuk pemasok yang sudah konsisten melakukan proses pasokan ke dalam perusahaan. Kegiatan evaluasi pemasok yang dimaksud meliputi parameter kualitas produk (termasuk barang dan jasa), akses terhadap status informasi ketersediaan barang maupun keluhan pelanggan dan aspek lainnya seperti harga dan jangka waktu pembayaran serta jangan lupa kaitannya dengan adanya nilai lebih dari produk yang dimaksud.

(4) Program audit pemasok
Kegiatan audit pemasok dapat dijalankan sebagai program pembinaan dan pengembangan pemasok yang menjalankan proses outsourcing terhadap proses yang dijalankan oleh perusahaan. Tingkat kepentingannya akan menjadi tinggi mengingat barang yang dihasilkan akan diatasnamakan oleh perusahaan itu sendiri.

Dalam proses pengelolaan dan pengembangan pemasok, perusahaan harus melihat bahwa pemasok adalah partner yang sejajar dan harus dikelola dengan tepat dan maksimal. Banyak manfaat untuk menjalankan implementasi ISO 9001:2008, tunggu apa lagi implementasikan dengan tepat di perusahaan Anda.(amarylliap@yahoo.com, 08129369926)

Tinggalkan komentar

Filed under ISO 9001

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s