Program Audit Internal ISO 22000

Dalam proses implementasi ISO 22000, internal audit dilakukan bukan hanya sebagai prasayarat dari pelaksanaan ISO saja, namun hal yang terpenting adalah internal audit dilakukan untuk melakukan proses validasi terhadap pelaksanaan Sistem Manajemen Keamanan Pangan.

Agar pelaksanaannya menjadi efektif, perusahaan yang bergerak dalam industri pangan harus memastikan bahwa pelaksanaan dari program internal audit tersebut dijalankan sesuai dengan standar persyaratan.  Lalu langkah apa yang harus dilakukan oleh industri pangan agar program internal audit efektif?

Langkah pertama, membentuk tim internal audit yang kompeten.  Adalah hal yang sangat penting dalam industri pangan untuk memastikan bahwa auditor yang dimiliki adalah auditor yang kompeten.  Pembentukan tim internal audit dapat dilakukan dengan melalui program-program pelatihan yang efektif dan terpadu untuk meningkatkan kemampuan auditor untuk menjalankan proses audit.

Langkah kedua, membentuk checklist audit yang efektif.  Secara prinsip kegiatan internal audit harus dilakukan lebih teliti dan detail bila dibandingkan dengan audit eksternal.  Meskipun prinsip teknik sampling masih dilakukan, kegiatan audit internal adalah suatu proses implementasi untuk mengukur apakah sistem yang ada sudah dapat menjamin standar keamanan pangan yang tepat. Perusahaan dapat juga mengadopsi checklist-checklist audit BRC, IFS ataupun checklist dari pelanggan yang mana memberikan peningkatan terhadap status sistem yang kita jalankan.

Langkah ketiga, melakukan analisis data terhadap hasil audit.  Perusahaan dapat melakukan proses penyusunan analisis data berdasarkan hasil temuan baik yang bersifat major, minor dan observasi.  Analisis data ini dapat menggunakan diagram Pareto ataupun dengan menggunakan jenis diagram lainnya untuk kemudian dilakukan proses identifikasi terhadap area kerja yang akan dilakukan proses perbaikan terlebih dulu.

Adalah sangat penting bagi perusahaan menjalankan fungsi internal audit, karena melalui fungsi ini, perusahaan dapat meningkatkan kinerja sistem dalam perusahaan. Lakukan proses pencarian referensi eksternal yang tepat dalam proses penerapan sistem dalam perusahaan Anda. (amarylliap@gmail.com, 08129369926)

 

 

 

Tinggalkan komentar

Filed under ISO 22000, Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s